BEA CUKAI KEDIRI SOBO PASAR 2012

Untuk yang kedua kalinya KPPBC TMC Kediri mengadakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat umum yang mengambil tempat sosialisasi di pasar-pasar tradisional. Kegiatan sosialisasi di pasar tradisional ini merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan selain untuk memberikan penyuluhan/pemahaman tentang ketentuan umum dibidang cukai khususnya BKC dan pita cukai juga untuk menjaring informasi dari masyarakat umum tentang peredaran BKC illegal di masyarakat.

Kegiatan ini merupakan tur dari pasar ke pasar dimulai tanggal 24, 29 dan 31 Mei 2012 dan memilih pasar yang berlokasi di pinggir atau di perbatasan wilayah Kediri yaitu pasar Wates, pasar Sambi dan pasar Kras. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah adanya tindak pelanggaran atas peredaran BKC illegal di masyarakat perbatasan yang berpotensi untuk terjadinya tindak pelanggaran tersebut.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini difokuskan pada pengertian rokok illegal (polos), MMEA (minuman mengandung etil alkohol) illegal  dan juga tentang pita cukai. Tehnik dalam penyampaian materi adalah selain dengan berorasi dengan pengeras suara dari mobil penyuluhan juga petugas mendatangi para pengunjung pasar maupun para pedagang dengan memberikan stiker, leaflet  dan juga penjelasan seperlunya. Dan untuk menilai tingkat efektifitas dan juga tingkat respon dari masyarakat kami menyebarkan quesioner kepada beberapa pengunjung pasar.

Dan dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini mendapat tanggapan antusias dari masyarakat dan mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara terus menerus dan dengan dengan frekuensi yang banyak agar masyarakat dapat lebih banyak yang memahami tentang BKC dan pita cukai. Dan terdapat beberapa pengunjung pasar yang memberikan informasi tentang peredaran rokok  ilegal (polos).

Satu Tanggapan

  1. Kami menerima pesanan ikan lele beku ke Nigeria sebanyak 120 ton/bulan, harga 2,45 dollar us, masalahnya saya tidak tahu harus bagaimana menanggapi pesanan tersebut, mohon pencerahannya.
    abdulwahab1955@yahoo.com atau 081335008808
    Salam,

Tinggalkan komentar